Minggu, 13 Agustus 2017

Etika Berbusana di Tempat Kerja

Etika Berbusana di tempat kerja


Berbusana - Memilih dan mengenakan pakaian kerja yang sesuai bisa menjadi tantangan tersendiri. Maklum saja, setiap tempat kerja memiliki peraturan dan budaya yang berbeda.

Mungkin kita tidak akan terlalu pusing dengan masalah tersebut bila tempat kerja menyediakan seragam.

lalu bagaimana dengan tempat kerja yang membebaskan karyawan dalam berpakaian? jenis dan model pakaian apa yang sebaikknya di kenakan?

nah, biar tidak salah kostum, yuk baca tips berikut ini :

- Busana saat hari pertama kerja

Sebaiknya, pada saat hari pertama masuk kerja, gunakan pakaian yang bersifat formal. Ini berlaku untuk semua industri kerja. Pakaian tidak harus mahal ataupun berlebihan. Yang penting bersih dan rapi. Ini bisa meninggalkan kesan bahwa Anda adalah seorang yang profesional dan percaya diri.


- Sesuai dengan budaya dan peraturan


Cari tahu budaya dan aturan berpakaian yang di tetapkan di tempat bekerja. Ini bisa membantu Anda dalam memilih pakaian kerja yang akan dipakai.

Bila tempat kerja mewajibkan karyawan menggunakan pakaian formal atau pakaian bergaya kasual, sudah seharusnya Anda mengikuti peraturan tersebut.

Namun, sebaiknya Anda juga perhatikan gaya berpakaian rekan kerja dan atasan. Meski peraturan tetap harus dilaksanakan, tidak ada salahnya Anda menyesuaikan gaya pakaian Anda dengan mereka.

Akan terlihat aneh bila rekan kerja atau atasan tampil mengenakan jeans dengan kemeja, sementara Anda tampil mengenakan kemeja lengkap dengan dasi dan jas.

- Kreatif padu padan

Inilah tantangan terbesar bagi karyawan yang diberikan kebebasan berpakaian. Setiap hari, pakaian harus ganti. Tidak mau kan minggu depan serasa aneh karena memakai baju yang itu-itu lagi, sedangkan untuk beli baju saja Anda tidak punya uang.

Untuk hal yang satu ini, kita hanya perlu mengandalkan kreativitas. Saat akhir pekan, luangkan waktu untuk mengecek koleksi pakaian kerja, sepatu, dan aksesoris yang di miliki. Setelah itu, padu padan agar setiap hari kita tampil baru dan berbeda dari biasanya.

- Santai tapi sopan

Biasanya, beberapa tempat kerja memberlakukan peraturan yang sedikit berbeda dalam berpakaian setiap Jumat. Ada yang memperbolehkan karyawan mengenakan pakaian model kasual, seperti jins dan kaus. Namun ada yang mewajibkan mengenakan batik.

Perlu diingat, meski lebih santai, Anda tetap harus menjaga penampilan dan memberikan kesan baik. Hindari celana jins bergaya robek atau terlalu ketat. Hindari pula kaus dan baju batik yang ketat dan terlalu pendek. Juga tetap gunakan sepatu, jangan sendal jepit.

- Jaga penampilan

Tak cuma baju yang harus Anda perhatikan, tapi juga penampilan diri. Sebisa mungkin, sebelum berangkat kerja, Anda mandi, gosok gigi, dan bersolek / ber make up.

Tak perlu pakai riasan tebal. Yang penting Anda terlihat bersih, rapi, wangi, cerah, dan berseri. Serta tidak acak-acakan. 


0 komentar:

Posting Komentar