Rabu, 13 September 2017

Tips Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Wanita Hamil - Menjaga kesehatan selama kehamilan penting dilakukan. Kesehatan ibu akan mempengaruhi kesehatan janin. Saat ibu hamil menjadi sakit atau masalah kesehatan, maka perkembangan janin di rahim akan terganggu. Banyak hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil dalam menjaga kesehatan janin dan tubuh selama kehamilan. Kali ini kita akan berbagi tip kesehatan untuk wanita hamil.

Tips kesehatan ibu hamil
Ibu hamil

Tips menjaga kesehatan ibu hamil


Jaga agar tangan tetap bersih

Kebersihan tangan dan kuku sangat penting untuk dipertahankan selama kehamilan. Wanita hamil harus terbiasa mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan dan setelah buang air besar. Selain wanita hamil yang menyukai aktivitas di luar ruangan, seperti bersentuhan dengan tanah saat menanam bunga di halaman, sebaiknya bersihkan tangan dan kuku setelah melakukan aktivitas ini.

Menjaga kebersihan tangan akan mencegah wanita hamil terkena infeksi virus atau bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan yang bersentuhan dengan tangan mereka. Kebersihan yang tidak dijaga tangan dapat menyebabkan ibu hamil untuk mengembangkan penyakit diare yang bisa membuat tubuh ibu hamil lemah dan ini tidak baik untuk janin.


Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Pada saat hamil sering ibu hamil akan mengalami masalah pada gigi dan gusi akibat hormon kehamilan. Gusi wanita hamil cenderung menjadi lunak dan sangat rentan terhadap perdarahan. Cegah ibu hamil menggosok gigi dengan perlahan dan menggunakan pasta gigi khusus yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Wanita hamil disarankan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan menyikat gigi setelah makan sehingga tidak ada masalah kesehatan mulut yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit lain selama kehamilan.



Menjaga kebersihan dan kesehatan wajah dan kepala

Kesehatan dan kebersihan kepala dan area rambut bisa Anda lakukan dengan membiasakan diri dengan sampo secara teratur. Untuk menghindari hal-hal yang tidak pada wanita hamil sebaiknya tidak melukis atau mewarnai rambut selama kehamilan karena bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut bisa membahayakan janin. Menjaga wajah sehat selama kehamilan sebaiknya tidak menggunakan krim wajah pemutih atau kosmetik lain yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan janin.


Jaga kebersihan tubuh dan tubuh

Kesehatan tubuh dan payudara harus dijaga selama kehamilan dengan mandi teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari masalah kulit. Wanita hamil yang mengalami keguguran sebaiknya tidak merangsang atau menarik puting susu selama kehamilan karena akan merangsang hormon oksitosin yang bisa menyebabkan kontraksi rahim.


Pertahankan Genital Hygiene

Tip sehat untuk wanita hamil adalah menjaga kebersihan alat kelamin. Kesehatan genital selama kehamilan sangat penting untuk dijaga agar tidak terjadi infeksi bakteri atau bakteri di daerah genital ibu hamil. Biasakan buang air besar setelah buang air besar dari bagian depan ke belakang rektum, jangan lakukan kebalikannya karena kuman akan terbawa ke dalam vagina dan bisa berbahaya. Saat membersihkan vagina jangan gunakan sabun antiseptik untuk mencuci piring karena akan membunuh kuman atau bakteri baik. Agar area vagina tidak basah Anda harus memakai celana ketat dan segera ganti celana jika Anda merasa lembab atau basah.


Relaksasi atau yoga

Melakukan senam atau yoga bagi ibu hamil sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Yoga atau senam untuk wanita hamil berguna untuk mempercepat sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh, melatih otot untuk tidak menyiksa dan melatih pernapasan. Melakukan yoga untuk wanita hamil bisa membuat pikiran wanita hamil rileks sehingga kesehatan ibu hamil akan terjaga dan perkembangan janin tidak akan terganggu.

Baca juga : Sunat pekanbaru

Beberapa tip sehat untuk wanita hamil yang telah dijelaskan di atas bisa diaplikasikan pada kehamilan agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan perkembangan janin tidak akan terganggu. Ibu hamil sehat maka janin akan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar