Kamis, 14 September 2017

MANFAAT OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH

MANFAAT OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH - Olahraga adalah latihan tubuh yang memberi efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu menstimulasi otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Pentingnya olahraga bagi tubuh bisa diilustrasikan sebagai mesin yang tidak pernah dipakai / digerakkan. Sedikit demi sedikit, bagian-bagian mesin akan rusak karena tidak dilatih untuk terus bergerak / bekerja.


Begitu pula dengan tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, otot otot tidak hanya dilatih, sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi halus sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat syaraf akan bekerja lebih baik. Mari kita lihat manfaat olahraga lainnya.
Meningkatnya daya tahan tubuh
Olahraga untuk tubuh
Olahraga buat tubuh

Olahraga teratur akan memperbaiki fungsi hormon dalam tubuh dimana hormon ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Perbaiki Fungsi Otak

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan kesehatan. Dengan berolahraga, jumlah oksigen dalam darah akan meningkat untuk memperlancar aliran darah ke otak. Inilah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak.
Mengurangi stres

Stres bisa terjadi pada siapapun. Dengan berolahraga, Anda bisa mengatasi emosi dan mengurangi kecemasan untuk mengurangi stres.

Penelitian yang dipublikasikan di Anxiety, Stress and Coping: Jurnal Internasional tahun 2008 menunjukkan bahwa olahraga mungkin merupakan alat potensial untuk mengobati gejala kecemasan.

Dalam penelitian tersebut, peserta yang berolahraga secara teratur memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding mereka yang belum pernah berolahraga. Ini menunjukkan bahwa olahraga bisa menjadi pengobatan yang layak untuk kecemasan dan stres.

Secara teori, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai tanggapan, otak melepaskan banyak hormon termasuk endorfin dan neurotransmiter yang dapat mempengaruhi mood.
Kurangi kolesterol

Saat berolahraga, tubuh bergerak dan membantu tubuh membakar kalori yang ada untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Ini juga membantu tubuh mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

Olahraga teratur juga bisa membakar kolesterol LDL dan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini sangat membantu tubuh tetap bugar dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke, obesitas dan penyakit jantung.

Jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi kolesterol adalah jenis olahraga yang menggerakkan otot paha, kaki, lengan dan pinggul. Misalnya, aerobik, jalan kaki, jogging, berenang dan bersepeda.

Semua jenis olahraga benar-benar bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan kolesterol asalkan dilakukan dengan disiplin dan keteraturan yang membantu otot tubuh terlatih dan bekerja dengan baik.

Yang penting untuk diingat, olahraga teratur juga harus disertai dengan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan yang baik, tidak merokok, dan cukup istirahat.

Pada tahap awal, olahraga harus dilakukan dalam waktu singkat untuk memberi pengakuan dan membiasakan tubuh. Awalnya, tubuh akan merasakan sakit, kaku dan nyeri karena otot belum dilatih atau terbiasa. Namun, gejalanya akan hilang setelah beberapa saat.

Dianjurkan sekitar 3 kali seminggu pada hari non-berturut-turut untuk berolahraga untuk membantu otot pulih dan tidak terlalu berat saat bepergian. Karena jika berlebihan, olahraga yang bermanfaat bagi tubuh bisa meningkatkan risiko cedera.

Bagi orang tua, olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang tidak memaksa kekuatan otot, tapi melatih otot aktif seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari, 3 kali seminggu.

Agar aman, pilihlah keadaan olah raga yang tepat, kenakan pakaian olah raga yang tepat-tidak kencang dan menyerap keringat, dan jangan lupa untuk pemanasan dan dinginkan dengan benar sehingga tubuh tidak terlalu terkejut karena aktivitas olah raga.

0 komentar:

Posting Komentar